6 Tips Menghubungkan Komputer Melalui Perangkat Jaringan

Hubungan antara dua perangkat komputer atau lebih dikarenakan adanya sambungan jaringan yang menjembatani komputer tersebut. Hal ini menjadikan komputer dapat berbagi sumber data secara langsung. Adanya perangkat jaringan ini tentu sangat membantu kamu dalam menghubungkan berbagai hardware.

Terdapat banyak perangkat jaringan yang bisa kamu gunakan dalam menghubungkan dua perangkat komputer atau lebih. Tentunya, perangkat ini perlu kamu sesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan. Di bawah ini ulasan lengkap terkait dengan tips menghubungkan komputer melalui perangkat jaringan.

Tips Menghubungkan Komputer Melalui Perangkat Jaringan

1. Server

Tips pertama yang sering digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih, yakni melalui bantuan server. Perangkat jaringan komputer ini memiliki pengertian sebagai sebuah media khusus yang menghadirkan banyak layanan service dalam menghubungkan berbagai perangkat client. Umumnya, satu server memiliki spesifikasi hardware yang tinggi.

Mulai dari penggunaan prosesor dengan tipe Intel Xeon hingga RAM yang memiliki kapasitas rata-rata 16GB. Adanya penggunaan spesifikasi yang tinggi ini bertujuan untuk mendukung kegiatan multitasking yang berat. Tidak heran, jika dibutuhkan biaya yang sangat besar dalam membangun sebuah server.

2. NAS atau Network Attached Storage

NAS atau Network Attached Storage merupakan perangkat penyimpanan yang terhubung dengan jaringan utama di komputer client. Pada sistem kerja ini tergolong mirip dengan layanan Cloud Storage. Perbedaannya terdapat pada penyimpanan yang bersifat lokal sehingga akses ini hanya bisa dilakukan oleh komputer yang terhubung di jaringan tersebut.

3. Wireless Card

Perangkat jaringan komputer lainnya yang mungkin sering kamu lihat adalah Wireless Card. Pada perangkat ini memiliki pengertian sebagai penghubung dua device atau lebih secara nirkabel tanpa perlu dukungan media kabel. Kehadiran perangkat ini bisa membantu satu ruangan untuk tetap terhubung tanpa perlu jaringan wifi ataupun kabel.

Umumnya, laptop yang digunakan sudah dilengkapi dengan perangkat Wireless Card sehingga kamu bisa menghubungkannya secara langsung. Berbeda dengan komputer, pengguna perlu membelinya secara terpisah untuk perangkat eksternal tersebut.

4. Bridge

Bridge merupakan perangkat jaringan yang memiliki tujuan untuk memperluas suatu jaringan sekaligus agar bisa oleh banyak komputer. Perangkat ini akan membuat segmen jaringan baru dengan memetakan alamat Ethernet di setiap titik jaringan tersebut. Selain itu, Bridge akan melakukan penyaringan dan hanya memperbolehkan perpindahan data tertentu saja.

Sistem kerja perangkat ini, yaitu mengenali alamat MAC dan mengubah sebuah data ke jaringan. Selanjutnya, Bridge akan membuat tabel internal secara otomatis untuk menentukan segmen mana yang akan disaring.

5. Hub

Hub adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk mengubah sinyal menjadi suatu jaringan agar dapat saling terhubung. Perangkat ini tidak dapat mengatur alur jalannya suatu data sehingga setiap paket data yang di lewati akan di broadcast secara langsung ke semua port sesuai dengan tujuan.

Perangkat ini mungkin sering kamu temukan di sebuah warnet ataupun kantor. Hadir Hub ini sangat membantu komputer utama dalam memonitor komputer lain yang terhubung. Selain itu, harga dari perangkat jaringan ini juga cukup terjangkau.

6. Access Point

Tips menghubungkan komputer yang terakhir adalah melalui perangkat jaringan Access Point. Pada perangkat ini terdiri dari antena dan transiver yang digunakan untuk transmisi dan menerima sinyal dari komputer client ataupun sebaliknya. Adanya Access Point ini menjadikan komputer kamu bisa terhubung dengan jaringan LAN secara nirkabel.

Adanya perangkat jaringan ini membuat dua komputer atau lebih bisa tetap terhubung dalam suatu ruangan. Hal ini tentunya sangat memudahkan kamu dalam melakukan pertukaran data. Selain itu, kamu juga tidak perlu menggunakan media kabel ataupun sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *