6 Tips Ampuh Meningkatkan Kinerja Komputer atau Laptop

Memiliki komputer atau laptop yang lambat tentu sangat mengganggu bagi banyak orang. Terlebih lagi jika pekerjaan yang dilakukan tidak lepas dari penggunaan perangkat tersebut. Hal ini tentunya akan menjadi masalah besar dikarenakan bisa mempengaruhi pekerjaan yang kamu lakukan.

Umumnya, laptop atau komputer yang lambat disebabkan oleh berbagai masalah. Mulai dari kapasitas RAM atau harddisk yang penuh hingga kerusakan komponen lainnya. Tentunya, masalah-masalah ini perlu kamu atasi dengan segera agar tidak mempengaruhi kinerja dari laptop atau komputer. Di bawah ini tips meningkatkan kinerja komputer atau laptop.

Tips Meningkatkan Kinerja Komputer atau Laptop

1. Upgrade Kapasitas RAM dan Harddisk

Tips pertama yang paling efektif untuk kamu lakukan adalah meningkatkan kapasitas RAM dan Harrdisk. Alasan cara ini dilakukan karena RAM sering mengalami kinerja yang berlebihan akibat penggunaan aplikasi dengan multitasking. Selain itu, perhatikan juga penyimpanan Harddisk. Apabila kurang dari 10 GB segera lakukan peningkatan memori.

Namun, untuk bagian harrdisk kamu juga bisa menggantinya dengan versi SSD. Hal ini dikarenakan laptop atau komputer lama masih menggunakan tipe harddisk HDD. Tentunya tipe HDD memiliki performa yang sangat lambat jika dibandingkan dengan tipe SSD.

2. Hapus File Sampah di Recycle Bin

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk tips meningkatkan kinerja komputer adalah menghapus semua file sampah yang ada di Recycle Bin. Pasalnya, banyak pengguna yang membiarkan file sampah tersebut hingga menyebabkan memori komputer menjadi penuh. Silakan buka aplikasi dan klik ikon Recycle Bin, lalu pilih opsi “Empty Recycle Bin”.

3. Uninstall Beberapa Program

Banyak pengguna yang memasang berbagai aplikasi di perangkat komputer yang mereka miliki. Terlebih lagi dari sebagian aplikasi mungkin sangat jarang dijalankan. Jika demikian, maka sebaiknya lakukan uninstall terhadap

aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan semakin banyak aplikasi yang dipasang akan memperlambat kinerja laptop atau komputer.

4. Pasang dan Aktifkan Antivirus

Pastikan laptop atau komputer yang Anda miliki terpasang antivirus. Seperti yang kita ketahui bahwa virus atau malware bisa menjadi penyebab dalam menurunnya performa laptop. Selain itu, antivirus juga bisa melindungi data atau file yang kamu miliki. Pastikan kamu memasang antivirus yang tepat dengan laptop atau komputer agar tidak memperlambat kinerja.

5. Lakukan Custom Pada Virtual Memory

Custom pada virtual memory penting untuk kamu lakukan jika ingin mempercepat kinerja komputer atau laptop. Kamu bisa melakukan custom virtual memory dengan cara seperti di bawah ini:

Cara pertama masuk ke bagian “Control Panel”, lalu pilih “System and Security” dan tekan opsi “System”.

Selanjutnya, pindah ke bagian tab “Advanced” dan tekan menu “Settings” yang ada di bagian kolom Performance.

Berikutnya, klik kembali menu “Advanced” dan pilih tombol “Change” di menu Virtual Memory.

Pada bagian ini kamu bisa uncheck kolom “Automatically manage paging file size for all drives” dan lakukan perubahan terhadap “Custom Size”. Ubah sesuai keinginan dan pilih “Set” dan “OK” untuk menyimpan perubahan.

6. Jalankan Disk Cleanup

Tips meningkatkan kinerja komputer atau laptop yang terakhir adalah menjalankan Disk Cleanup. Cara ini bertujuan untuk menghapus file-file sementara yang ada di drive komputer atau laptop yang kamu miliki. Untuk menjalankan program ini, kamu bisa klik kanan drive yang ingin dibersihkan, lalu tekan “Properties” dan pilih “Disk Cleanup”.

Selain enam tips di atas, kamu juga bisa melakukan cara lainnya jika dirasa laptop atau komputer masih memiliki performa yang sangat lambat. Hal ini dikarenakan perangkat yang lambat bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Tentunya ini membuat kamu harus rutin melakukan pengecekan dan membersihkan berbagai file yang tidak penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *