3 Tips Merawat Komputer Agar Tetap Awet dan Aman

Penggunaan komputer yang rutin dalam setiap hari membuat kamu perlu melakukan beberapa perawatan agar perangkat tersebut tetap awet dan tidak mudah rusak. Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu bagaimana cara merawat komputer yang baik, tetapi belum maksimal.

Perlu diketahui bahwa merawat komputer tidak hanya di bagian perangkat keras saja. Tetapi, hal ini juga mencakup pada bagian software atau perangkat lunak yang ada di komputer tersebut. Untuk itu kamu bisa membaca ulasan di bawah ini terkait tips merawat komputer dengan cara yang aman agar perangkat tetap awet meski sering digunakan.

Tips Merawat Komputer

1. Menjaga Tegangan Arus Listrik

Cara merawat komputer yang baik dan benar adalah memperhatikan tegangan daya aliran listrik. Pada cara ini kamu disarankan untuk menggunakan Stavolt atau Uninterruptible Power Supply ketika menjalankan komputer. Fungsi dari Stavolt adalah menstabilkan daya listrik yang ada di perangkat.

Sedangkan UPS atau Uninterruptible Power Supply bertujuan untuk menyimpan daya cadangan listrik agar komputer tidak mati secara langsung apabila listrik di rumah kamu sering mengalami pemadaman. Tentunya sangat bahaya jika komputer sering mengalami mati secara langsung. Hal ini akan menyebabkan beberapa komponen komputer bisa rusak.

Selain itu, pastikan juga bahwa CPU memiliki suhu yang tidak panas. Kamu dapat menggunakan kipas untuk menjaga kestabilan suhu. Jika komputer sering digunakan dan menjalankan aplikasi yang berat, maka menyebabkan perangkat bekerja lebih keras.

Hasilnya, suhu di ruangan CPU menjadi lebih panas. Kamu bisa menggunakan kipas angin tambahan untuk menjaga suhu CPU ini menjadi stabil ataupun dingin.

2. Bersihkan File yang Tidak Penting

Tips merawat komputer berikutnya adalah membersihkan file yang tidak penting. File yang menumpuk pada komputer tentunya akan mempengaruhi kinerja yang dihasilkan. Jika dibiarkan terlalu lama, maka bisa menyebabkan kepenuhan pada ruang penyimpanan komputer kamu.

Selain bisa menurunkan performa dari komputer, dampaknya juga akan membuat aplikasi lain tidak bisa dibuka atau dijalankan. Jika kamu sudah menghapus beberapa file penting, maka pastikan untuk mengecek folder Recycle Bin. Lakukan penghapusan secara permanen di folder tersebut agar file tidak tersimpan kembali di penyimpanan atau storage komputer.

3. Jalankan dengan Rutin Scan Antivirus

Langkah terakhir dalam merawat komputer adalah menjalankan scan antivirus secara rutin. Kehadiran fitur ini akan sangat membantu kamu dalam membersihkan cache yang menumpuk di komputer. Adanya cache yang menumpuk menyebabkan komputer menjadi lebih lambat sehingga masalah ini akan mempengaruhi pekerjaan yang kamu lakukan.

Terlebih lagi sistem komputer yang digunakan sangat mudah sekali untuk terkena serangan virus. Jika virus ini tergolong sangat berbahaya tentunya dapat menyebabkan komputer yang kamu miliki bisa mati total. Hal ini dikarenakan virus atau malware juga dapat menyerang komponen komputer sehingga menyebabkan kerusakan yang fatal.

Kamu dapat memasang satu antivirus yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya, antivirus memiliki sistem kerja di belakang layar. Jika antivirus yang digunakan berlebihan, maka akan mempengaruhi kinerja dari komputer. Pastikan antivirus yang dipasang tetap dan sesuai dengan kebutuhan dari komputer yang kamu miliki.

Selain itu, lakukan pembaruan secara berkali terhadap aplikasi antivirus yang kamu gunakan untuk agar aplikasi dapat bekerja secara optimal. Hal ini dikarenakan virus, malware, hingga spyware juga mengalami peningkatan sesuai dengan pertahanan yang dibuat oleh berbagai developer antivirus.

Tips merawat komputer ini perlu kamu lakukan dengan rutin dan berkala. Tujuannya agar perangkat komputer yang kamu miliki bisa bertahan lebih lama meski digunakan secara rutin. Selain itu, kamu juga perlu membersihkan komponen-komponen yang ada di bagian dalam CPU dari kotoran debu yang menumpuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *